MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI METODE INKUIRI DI SDN 27 DUNGINGI KOTA GORONTALO
Main Author: | ISWANTO MOHAMAD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408118/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-pembelajaran-ips-di-kelas-iv-materi-perkembangan-teknologi-melalui-metode-inkuiri-di-sdn-27-dungingi-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Iswanto Mohamad, 151408118 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV Materi Perkembangan Teknologi Melalui Metode Inkuiri di SDN 27 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo (pembimbing : Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si, dan Samsi Pomalingo, S.Ag, MA Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di SDN 27 Dungingi, Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi perkembangan teknologi melalui pendekatan inkuiri pada mata pelajaran IPS. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajarn siswa tentang materi perkembangan teknologi pada mata pelajaran IPS. Hal ini nampak pada hasil siklus dengan rincian pada observasi awal 37,93 % (11 orang), pada siklus I mencapai 62,07 % (18 orang), dan pada siklus II mencapai 93 % (27 orang) dari 29 siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 27 Dungingi, Kota Gorontalo.