MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERPINDAHAN ENERGI PANAS PADA MATA PELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS 4 SDN 28 KOTA SELATAN KOTA GORONTALO
Main Author: | ISRAN T. APIA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408117/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-tentang-perpindahan-energi-panas-pada-mata-pelajaran-ipa-melalui-metode-eksperimen-di-kelas-4-sdn-28-kota-selatan-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Isran T. Apia. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Perpindahan Energi Panas Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Metode Eksperimen. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Gorontalo. Dibimbing oleh Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd. M.Pd dan Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd. M.Pd selaku pembimbing I dan pembimbing II Penelitian Ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada semester genap yang pelaksanannya hanya dilakukan I siklus 1 kali pertemuan. Materi Perpindahan energi panas dengan mengunakan metode eksperimen. Berdasarkan prosedur tindakan, maka analisis data dalam pengujian hipotesis tindakan dilaksanakan dengan teknik prosentase yang diambil dari akhir siklus. Indikator kinerja yang hendak dicapai yaitu minimal 80% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 65 keatas dan kegiatan belajar mengajar yang dinilai melalui lembar observasi minimal mencapai 80% kriteria baik sekali dan baik. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Siswa yang memperoleh nilai 65 keatas 83%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perpindahan energi panas. Kata Kunci : Pembelajaran Metode Eksperimen