MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN IPS DALAM MATERI MEMPROKLAMASIKAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL STAD DI KELAS V SDN 1 DULOMO KECAMATAN TILANGO KABUPATEN GORONTALO

Main Author: IRAWATY HARUN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Ips
Di
V
Sdn
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408111/meningkatkan-pemahaman-siswa-pada-pelajaran-ips-dalam-materi-memproklamasikan-kemerdekaan-melalui-model-stad-di-kelas-v-sdn-1-dulomo-kecamatan-tilango-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Irawaty Harun. 2012. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pelajaran IPS Dalam Materi Memproklamasikan Kemerdekaan Melalui Model Stad Di Kelas V SDN 1 Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Drs.H.haris Mahmud,S.Pd,Msi dan Pembimbing II Dra.Hj.Hakop Walangadi M.Si. Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu Apakah dengan menggunakan model STAD, hasil belajar siswa di kelas V SDN 1 Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo SD pada pelajaran IPS materi memproklamasikan kemerdekaan dapat meningkat?. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran IPS dalam materi Memproklamasikan Kemerdekaan melalui model STAD di kelas V SDN 1 Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah siswa V SDN 1 Dulomo Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo dengan jumlah 14 orang yang terdiri atas 8 orang siswa laki-laki dan 6 orang siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes pemahaman siswa dalam memahami materi Memproklamasikan Kemerdekaan pada siklus pertama mencapai nilai rata-rata 64,18 % kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 71,28 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pemahaman Siswa Pada Pelajaran IPS dalam materi memproklamasikan kemerdekaan dalam pembelajaran IPS dapat ditingkatkan menggunakan model STAD. Kata Kunci: Pemahaman dan Model STAD.