Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan metode eksperimen Di Kelas IV SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo
Main Author: | INAWATI LATIMBANG |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408107/meningkatkan-keaktifan-siswa-dalampembelajaran-ipa-dengan-menggunakan-metode-eksperimen-di-kelas-ivsdn-64-kota-timur-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Inawati. Latimbang. 2012. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Menggunakan metode eksperimen Di Kelas IV SDN 64 Kota Timur Kota Gorontalo. Tugas akhir program studi S-1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo 2012. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd. M.Pd. Hasil penelitian menunjukan bahwa keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA pada Observasi awal mencapai 52,9% atau 18 orang siswa yang aktif, Sedangakan yang belum mampu mencapai 47% atau 16 orang siswa, hal ini masih jauh dari harapan sekolah sehingga perlu ditingkatkan dengan melaksanakan tindakan yakni siklus 1 terdapat Ada 12 orang atau 35,2% yang belum tuntas hasil belajarnya dan dalam hal ini masih perlu diberi tindakan selanjutnya, dan ada 22 orang atau 64,7% yang sudah tuntas hasil belajarnya. Pada siklus II, ada 2 orang atau 5,8% yang belum tuntas hasil belajarnya, dan 32 orang atau 94.11% yang sudah tuntas hasil belajarnya. Keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen meningkat setelah diadakan tindakan dari siklus 1 sampai dengan siklus II. Maka keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen mengalami peningkatan yang bermakna dan dinyatakan berhasil, mencapai indikator kerja. Kata kunci : Keaktifan, Pembelajaran IPA, Metode Eksperimen.