MENINGKATKAN KETERAMPILAN DALAM BERBAHASA LISAN MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS V SDN 3 SUWAWA SELATAN KABUPATEN BONE BOLANGO

Main Author: HARFIAN DAALIUWA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
3
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408082/meningkatkan-keterampilan-dalam-berbahasa-lisanmelalui-metode-bermain-peran-pada-siswa-kelas-vsdn-3-suwawa-selatan-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Harpian Daaliuwa. 2012. Meningkatkan Keterampilan Dalam Berbahasa Lisan Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V SDN 3 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasim, M.Pd dan Pembimbing II Wiwi T. Pulukadang, S.Pd. M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode bermain peran dapat meningkatkan ketrampilan dalam berbahasa lisan pada siswa kelas V SDN 3 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah meningkatkan ketrampilan siswa dalam berbahasa lisan melalui metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 3 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas pada siswa Kelas V SDN 3 Suwawa Selatan, berjumlah 24 orang subjek penelitian yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan sebagai sampel populasi,dengan hasil belajar pada siklus I terjadi peningkatan sebesar 58,33% dan pada siklus 2 terjadi peningkatan sebesar 87,5%. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran keterampilan siswa dalam berbahasa lisan menunjukan keberhasilan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Kata Kunci: Keterampilan, Berbahasa Lisan, dan Metode Bermain Peran.