MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA INTENSIF MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT KELAS 1V SDN 2 UPOMELA KECAMATAN BONGOMEME KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | ELISMEISISKAWATI DANIAL POIYO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408051/meningkatkan-kemampuan-siswa-membaca-intensifmelalui-model-cooperative-script-kelas-1vsdn-2-upomela-kecamatan-bongomemekabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- A B S T R A K ELIS MEISISKAWATI POIYO, NIM. 151 408 051. Meningkatkan kemampuan siswa membaca Intensif di kelas IV SDN 2 Upomela Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo melalui Model Cooperative Script. SKRIPSI, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad S.Pd, M.Pd. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Intensif Dengan Menggunakan Model Cooperative Script Pada siswa Kelas IV SDN 2 Upomela Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca intensif dengan menggunakan model cooperative script. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Upomela Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo dengan jumlah 16 orang siswa, terdiri dari 6 orang laki - laki, dan 10 orang perempuan, dan dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca intensif melalui model Cooperative Script pada pelaksanaan observasi awal 31,25% atau sebanyak 5 siswa dari 16 siswa memiliki kemampuan membaca intensif, siklus I menjadi 68,7% atau sebanyak 11 siswa dan siklus II meningkat menjadi 87,5% atau 14 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Jika dalam pembelajaran Bahasa Indonesia guru menggunakan model cooperative script maka membaca Intensif di kelas 1V SDN 2 Upomela Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan Kata Kunci : Membaca, Intensif, Model, Cooperative Script. ABSTRACT ELIS MEISISKAWATI POIYO, NIM. 151 408 051. " Improving ability of student read Intensive in class of IV SDN 2 Upomela District Of Bongomeme Gorontalo Regency. Model of Cooperative Script". SKRIPSI, Majors Education Of Elementary Schoolteacher, Faculty Science Education, University Country of Gorontalo. Counsellor Of I Dra. Hj. Salma Halidu S.Pd, M.Pd and Counsellor Of II Hj. Sumarni Mohammad S.Pd, M.Pd. Problems which in study in this research " How To Improve Ability Of Student Read Intensive By Using Model of Cooperative Script Class student of IV SDN 2 Upomela District Of Bongomeme Gorontalo Regency?. Target of research is to improve ability of student read intensive by using model of cooperative script. Method which used in this research type research of class action ( executed PTK) in class of IV SDN 2 Upomela District Of Bongomeme Province of Gorontalo with amount 16 student people, consist of 6 man people - man, and 10 women, and executed in 2 cycle, each;every cycle consist of twice meeting. Result of research of that to increase ability of student read intensive model of Cooperative Script execution of observation early 31,25% or counted 5 student from 16 student have ability read intensively, cycle of I become 68,7% or counted 11 cycle and student of II mount to become 87,5% or 14 student. Thereby can be concluded that if in study of Indonesian teacher use model of cooperative script hence reading Intensive class 1V SDN 2 Upomela District Of Bongomeme Gorontalo Regency can be improved. Keyword : Reading Is Intensive, Model, Cooperative Script