MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS IV SDN 87 KOTA TENGAH KOTA GORONTALO

Main Author: CANDRA ARIF
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
Iv
Sdn
87
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151408033/meningkatkan-hasil-belajar-siswa-pada-materi-perubahan-lingkungan-melalui-metode-eksperimen-di-kelas-iv-sdn-87-kota-tengah-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Candra Arif. 151408033 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Melalui Metode Eksperimen Di Kelas IV SDN 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (pembimbing : Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd, M. Pd dan Drs.Djotin Mokoginta , S.Pd, M.Pd). Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SDN 87 Kota Tengah, Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tujuan meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi perubahan lingkungan melalui metode Eksperimen pada mata pelajaran IPA. Cara pengambilan data dilaksanakan saat pembelajaran telah selesai dengan memeriksa hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang materi perubahan lingkungan pada mata pelajaran IPA. Hal ini Nampak pada hasi siklus dengan rincian pada siklus 1 mencapai 69,23%, dan pada siklus II 92,30% dari 26 orang siswa.Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Metode Eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 87 Kota Tengah, Kota Gorontalo. Kata kunci : perubahan lingkungan, .Eksperimen