MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI TEKNIK PENDEKATAN LINGKUNGAN ALAM PADA SISWA KELAS V SDN NO. 87 KOTA TENGAH KOTA GORONTALO

Main Author: YAHYA YANI NDJOLO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
V
Sdn
No.
87
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/151407102/meningkatkan-keterampilan-menulis-puisi-bebas-melalui-teknik-pendekatan-lingkungan-alam-pada-siswa-kelas-v-sdn-no-87-kota-tengah-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yahya Yani Ndjolo. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Bebas Melalui Teknik Pendekatan Lingkungan Alam Pada Siswa Kelas V SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi Penelitian Tindakan Kelas sebagai syarat Mengikuti Ujian Sarjana Pendidikan Di Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas V SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo, dengan rumusan masalah Apakah keterampilan menulis puisi bebas dengan teknik pendekatan lingkungan alam pada siswa kelas V SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo dapat meningkat ? dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis puisi bebas melalui teknik pendekatan lingkungan alam pada siswa kelas V SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukan pada siklus I dilihat dari keseluruhan aspek yang diperoleh 15 orang siswa dengan kategori mampu atau 59% sehingga indicator kinerja yakni minimal 80% siswa yang memperoleh kategori mampu belum tercapai. Dengan demikian hasil dilanjutkan ke siklus berikutnya. Pada siklus II siswa dengan kategori mampu meningkat menjadi 20 orang siswa atau 80%. Hal ini sudah mencapai indicator kinerja yang telah ditetapkan maka pembelajaran dianggap tuntas. Disimpulkan bahwa pengunaan teknik pendekatan lingkungan alam dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN No.87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Kata kunci: menulis puisi bebas, teknik pendekatan lingkungan alam.