Meningkatkan Keterampilan Tehnik Dasar Lempar Cakram Siswa Kelas VI SDN 16 Bongomeme Melalui Media Pembelajaran Yang Dimodifikasi

Main Author: HENDRATMO BOBIHU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Vi
Sdn
16
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/141406211/meningkatkan-keterampilan-tehnik-dasar-lempar-cakram-siswa-kelas-vi-sdn-16-bongomeme-melalui-media-pembelajaran-yang-dimodifikasi.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK HENDRATMO BOBIHU /141406211 &#226Meningkatkan Keterampilan Tehnik Dasar Lempar Cakram Siswa Kelas VI SDN 16 Bongomeme Melalui Media Pembelajaran Yang Dimodifikasi&#226 Dosen Pembimbing 1 Risna Podungge, S.Pd,M.Pd dan dosen pembimbing 2 Suriyadi Datau S.Pd, M.Pd. Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kurang memahami teknik dasar dalam melakukan teknik dasar lempar cakram, serta hasil belajar siswa yang kurang memuaskan dalam hal pelaksanaan teknik dasar lempar cakram dengan baik dan benar. Tujuan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : &#226Untuk meningkatkan keterampilan dasar lempar cakram siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bolaang Uki melalui strategi modifikasi media pembelajaran&#226. Hipotesis tindakan yakni &#226Dengan penggunaan modifikasi media pembelajaran maka keterampilan dasar lempar cakram pada siswa Kelas VI SDN 16 Bongomeme dapat ditingkatkan. .&#226 Indikator kinerja. apabila keterampilan dasar melempar cakram melalui media pembelajaran yang dimodifikasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bolaang Uki dapat ditingkatkan minimal 75%. Maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil. Penelitian ini merupakan suatu jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di sekolah SMP Negeri 4 Bolaang Uki. Dengan Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 4 Bolaang Uki dengan jumlah siswa 16 orang, putri berjumlah 13 orang dan putra berjumlah 3 orang. Pengambilan data dapat dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan kegiatan siswa dan guru, serta evaluasi terhadap materi yang di ajarkan pada setiap siklus kemudian dianalisis baik secara kualitatif maupun secara kuantitatif, berdasarkan analisis data diletahui terjadi peningkatan rata-rata kemampuan keterampilan lempar cakram yakni: pada observasi awal rata-rata kemampuan keterampilan dasar lempar cakaram sebesar 52.74%. Setelah diadakan tindakan siklus I terjadi peningkatan 61.64% dan pada tindakan siklus II diperoleh hasil capaian sebesar 75.29%, jadi hipotesis yang dinyatakan: &#226Dengan melalui modifikasi media pembelajaran maka keterampilan dasar lempar cakram pada siswa Kelas VI SDN 16 Bongomeme dapat ditingkatkan. .&#226 dapat diterima. Kata Kunci: Keterampilan Dasar Lempar Cakram, Modifikasi Media Pembelajaran, Siswa SMP.