MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGI) DI SMA NEGERI 1 KOTA GORONTALO
Main Author: | ABDUL RAHMAN I. DAIMUN |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/131412078/manajemen-perpustakaan-sekolah-berbasis-ict-information-and-communication-technologi-di-sma-negeri-1-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- MANAJEMEN PERPUSTAKAAN BERBASIS ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) DI SMA NEGERI 1 KOTA GORONTALO Oleh Abdul Rahaman Daimun1, Fory A. Nawai2, Intan Abdul Razak3 E-mail : ranodaimun93@gmailcom ABSTRAK Abstrak. Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui Perencanaan Manajemen Perpustakaan berbasis ICT di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo; (2) Untuk mengetahui Pengorganisasian Manajemen Perpustakaan berbasis ICT di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo; (3) Untuk mengetahui Pelaksanaan Manajemen Perpustakaan berbasis ICT di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo; (4) Untuk mengetahui Pengawasan tentang Manajemen Perpustakaan berbasis ICT di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: (1) observasi (2) wawancara; (3) dokumentasi. Hasil penelitian menujukan : (1) proses perencanaan perpustakaan ICT di SMA Negeri 1 Gorontalo dilakukan musyawarah dengan perangkat sekolah untuk proses pengadaan koleksi digital. (2) dalam proses pengorganisasian perpustakaan digital yang ada di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo pustakawan melakukan pembinaan untuk menjadikan perpustakaan menjadi pusat informasi dan agen perubahan, (3) dalam pelaksanaannya perpustakaan berbasis ICT di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo, memudahkan guru serta siswa (4) proses pengawasan di perpustakaan berbasis ICT di SMA Negeri 1 Kota Gorontalo dalam pengawasan program maupun anggaran di input di dalam website sehingga pelaporan bersifat transparan dan akuntabel. Untuk itu disarankan, (1) kepada pihak sekolah, melakukan pemaanfaatan dari segi SDM dalam pengelolaan perpustakaan agar kedepannya dapat meningkatkan pelayanan perpustakaan digital (2) kepada pengelola perpustakaan agar lebih meningkatkan kerjasamanya agar dapat melayani pengguna perpustakaan dengan lebih baik. Kata kunci : Manajemen, Perpustakaan Digital, ICT