EVALUASI PENGELOLAAN PROGRAM PENDIDIKAN UNTUK RAKYAT (PRODIRA) DI PROVINSI GORONTALO

Main Author: MAIN NGADI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/131410024/evaluasi-pengelolaan-program-pendidikan-untuk-rakyat-prodira-di-provinsi-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Ma'in Ngadi, 2014. Evaluasi Pengelolaan Program Pendidikan Untuk Rakyat di Provinsi Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Fadliah, M.Si Pembimbing II Warni T Sumar, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Perencanaan Pengelolaan PRODIRA, 2) Pelaksanaan Pengelolaan PRODIRA, 3) Pengawasan, 4) Mnitoring dan Evaluasi. Desain penelitian ini bersifat studi evaluasi dengan jenis deskriptif menggunakan model evaluasi Goal Oriented Evaluation Model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan PRODIRA cukup baik ditinjau dari perencanaan program dan penyusunan anggran keuangan sekolahs. 2) Pelaksanaan sudah baik ditinjau dari aspek proses mekanisme pelaksanaan dan penggunaan dana operasional sekolah sudah baik, 3) pengawasan sudah baik, 4) Monitoring dan Evaluasi pengelolaan sudah baik ditinjau dari komonen yang di monitoring dan di evaluasi. Disarankan: 1) Bagi DIKPORA agar melaksanakan evaluasi pengelolaan program pendidikan untuk rakyat (PRODIRA) dengan SOP yang ada, 2) Bagi Tim Manajemen Provnsi agar dapat melakukan sosialisasi dengan efektif, 3) Bagi tim manajemen sekolah agar lebih jelas dalam pelaksanaan program pendidikan untuk rakyat). Dapat melibatkan stakeholder/tokoh-tokoh masyarakat dalam evaluasi pelaksanaan pengelolaan program secara internal agar dapat mengetahui keefektifan dan efisiensi dari pelaksanaan dan dapat memberikan informasi yang akurat bagi orang tua siswa dalam upaya memantau perkembangan sekolah dalam hal pengeloaan. Kata kunci: Evaluasi, Pengelolaan, PRODIRA