OTONOMI GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN POSIGADAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN

Main Author: HARTATY SAMSI BADU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
Di
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/131408210/otonomi-guru-dalam-pengelolaan-pembelajaran-di-sekolah-dasar-se-kecamatan-posigadan-kabupaten-bolaang-mongondow-selatan.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hartaty Samsi Badu. Otonomi Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar se Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan. Universitas Negeri Gorontalo, Fakultas Ilmu Pendidikan Jurusan Manajemen Pendidikan 2012. Pembimbing I Dr Asrin MPd dan Pembimbing II Warni Tune Sumar SPd. MPd Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran yang riil mengenai Otonomi Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar se Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dengan mengkaji tiga indikator yakni: otonomi guru dalam merancang pembelajaran, otonomi guru dalam mengelolah pembelajaran dikelas, otonomi guru dalam melaksanakan evaluasi dan tindak lanjut Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif sampel penelitian berjumlah 30 guru. Tehnik pengumpulan data yaitu angket, observasi dan dokumen. Data dalam penelitian dianalisis dengan rumus persentase (%) Hasil penelitian menujukan bahwa otonomi guru dalam pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar se Kecamatan Posigadan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan meliputi: (1) Otonomi guru dalam merancang pembelajaran berada dalam kategori tinggi. Namun perlu ditingkatkan lagi karena masih terdapat guru dalam merancang pembelajaran tidak sesuai dengan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, (2) Otonomi guru dalam mengelolah pembelajaran dikelas dalam kategori tinggi. Namun perlu ditingkatkan lagi kearah yang lebih baik, sebab sesuai hasil olahan data masih ada guru belum mampu mengelola kelas dalam proses pembelajaran. (3) Otonomi guru dalam melaksanakan evaluasi dan tindaklanjut berada dalam kategori tinggi. Namun perlu ditingkatkan lagi, sebab masih ditemukan guru belum dapat melaksanakan evaluasi untuk mengukur ketercapaian hasil belajar siswa dan belum mampu menindak lanjuti hasil capaian belajar siswa. Otonomi guru dalam merancang, mengelola dan melaksanakan evaluasi dalam pembelajaran tergolong dalam kategori tinggi. Untuk pihak yang terkait diperlukan perhatian khusus dalam mengembangkan proses pengelolaan pembelajaran. Kata Kunci: Penguasaan Kurikulum, Pengelolaan Kelas, Melaksanakan Evaluasi