ASESMEN KEBUTUHAN GURU SMP DI KECAMATAN KWANDANG KABUPATEN GORONTALO UTARA
Main Author: | YOSYANDRI TRIYONO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/131408191/asesmen-kebutuhan-guru-smpdi-kecamatan-kwandang-kabupaten-gorontalo-utara.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK YOSY ANDRI TRIYONO, 2012. Asesmen Kebutuhan Guru SMP di Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Arifin, M.Pd. Mengacu pada judul yang ada, peneliti memfokuskan permasalahan tentang bagaimana tren usia siswa SMP, bagaimana kebutuhan guru SMP per bidang studi, dan bagaimana kelebihan dan kekurangan total guru SMP di Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara pada tahun 2012 hingga 2017. Dari permasalahan yang ada, tujuan peneliti adalah untuk mendapatkan gambaran tentang trend usia siswa SMP di Kecamatan Kwandang Kabupeten Gorontalo Utara dari tahun 20122017, mendapatkan gambaran tentang kebutuhan guru SMP perbidang studi di Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dari tahun 2012-2017, dan mengetahui kelebihan dan kekurangan guru total SMP di Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dari tahun 2012-2017 Dengan menggunakan analisis Cohort, hasil penelitian menunjukkan bahwa Trend usia SMP di Kecamatan Kwandang dari tahun 2012 2017 mengalami peningkatan, terutama pada tahun 2017 sebesar 863 orang. Kemudian untuk kebutuhan guru SMP per bidang studi juga mengalami peningkatan meskipun tidak terlalu signifikan. Sedangkan untuk kelebihan dan kekurangan guru SMP di Kecamatan Kwandang dari tahun 2012 2017 nampaknya terjadi kekurangan guru rata-tata setiap tahunnya sebanyak 9 orang guru SMP. Berdasarkan hal tersebut, penulis menyarankan agar dilakukan suatu analisis kebutuhan guru SMP yang tepat dengan mengacu pada standar yang sudah ada agar perencanaan pengadaan guru di masa yang akan datang dapat terlaksana dengan baik dan benar benar efektif dan efisien sehingga menghasilkan produk pengangkatan guru yang kredibel dan memiliki akuntabilitas yang tinggi. Kata Kunci : Asesmen Kebutuhan, Guru