STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 TIBAWA KECAMATAN TIBAWA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: NURUL KUSUMA DEWI MAYANG
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Di
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/131408124/strategi-kepala-sekolah-dalam-pengembangan-sekolah-di-sma-negeri-1-tibawa-kecamatan-tibawa-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nurul Kusuma Dewi T. Mayang. 2012. Strategi kepala sekolah dalam pengembangan sekolah di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2012. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong, M.Pd dan Pembimbing II: Arifin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk: a) untuk menjelaskan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kurikulum dan pembelajaran di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo, b) untuk menjelaskan strategi kepala sekolah dalam pengelolaan kesiswaan di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo, c) menggambarkan strategi kepala sekolah dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo, d) memberikan penjelasan tentang strategi kepala sekolah dalam mengembangkan kerjasama dengan masyarakat/Komite sekolah di SMA Negeri 1 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; a) Peranan strategi kepala sekolah merupakan aspek yang sangat penting dalam upaya pengembangan mutu pendidikan di sekolah, hal ini dapat diterapkan melalui pengembangan kurikulum, sarana dan prasarana, pengembangan SDM dan kerjasama bersama komite sekolah, b) Kepala sekolah sebagai pemimpin di tingkat sekolah, memiliki tugas untuk melihat dengan jelas masalahmasalah yang muncul dalam kegiatan pembelajaran dan menstimulir guru ke arah usaha perbaikan termasuk didalamnya adalah pengembangan fungsi dan peran komite sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menutup penelitian ini dengan beberap saran bahwa a) diharapkan bagi dinas Pendidikan adalah menambah kajian dan data tentang kebutuhan dalam pengembangan sekolah sebagai pusat belajar, serta diharapkan mampu menyusun rencana strategi dalam upaya membantu pengembangan sekolah. b) bagi sekolah diharapkan mampu memberikan input terhadap upaya pengembangan sekolah terkait dengan peningkatan mutu pembelajaran, profesionalisme guru serta peningkatan kerjasama dengan peran komite sekolah. c) bagi guru agar mampu meningkatkan profesionalisme kerja dengan melalui strategi kepala sekolah yang nantinya dapat meningkatkan mutu pengembangan sekolah. Kata Kunci: Strategi kepala, sekolah, dalam pengembangan sekolah