Pemberdayaan Pemuda Melalui Program Kursus Perbengkelan Las di PKBM Permata Kelurahan Pentadu Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato

Main Author: ERLIN UNO
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Las
Di
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/121409059/pemberdayaan-pemuda-melalui-program-kursus-perbengkelan-las-di-pkbm-permata-kelurahan-pentadu-kecamatan-paguat-kabupaten-pohuwato.html
Daftar Isi:
  • Erlin Uno. 2012. Pemberdayaan Pemuda Melalui Program Kursus Perbengkelan Las di PKBM Permata Kelurahan Pentadu Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H. Rusdin Djibu, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Hj. Misran Rahman, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pemberdayaan pemuda melalui program kursus perbengkelan las di PKBM Permata Kelurahan Pentadu Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah: bagaimana pemberdayaan pemuda melalui program kursus perbengkelan las di PKBM Permata Kelurahan Pentadu Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato? Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memberdayakan pemuda melalui program kursus perbengkelan las di PKBM Permata Kelurahan Pentadu Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato dapat dilakukan melalui berbagai macam cara diantaranya mengidentifikasi suatu masalah ataupun proyek seperti adanya keterbatasan fasilitas (alat dan bahan las) terutama pada kegiatan praktek, ketidakhadirannya warga belajar atau motivasi serta partisipasi masyarakat dalam menghimpun dana untuk membantu penyediaan fasilitas serta perlengkapan lainnya serta melakukan pemecahan terhadap masalah tersebut, serta upaya pemecahan masalah terhadap kendala-kendala yang berasal dari kepribadian individu menyangkut kebiasaan warga belajar dan yang bersifat sosial, seperti pencegahan terhadap kelompok kepentingan tertentu yang menghambat dalam penyediaan sarana dan prsanarana belajar, misalnya alat dan bahan kursus perbengkelan las. Untuk itu disarankan agar dalam upaya memberdayakan pemuda melalui program kursus perbengkelan las dapat mencapai secara maksimal, maka diharapkan kepada tutor untuk meningkatkan kemampuan dalam melakukan kreativitas dalam menciptakan inovasi dan mengembangkan strategi belajar yang bertumpu pada kualitas sumber daya manusia sekaligus peran serta warga belajar, masyarakat sekitar, dan penyelenggara program dalam upaya memberdayakan pemuda melalui program kursus perbengkelan las. Kata kunci: pemberdayaan, pemuda, kursus perbengkelan las.