Penerapan pendekatan partisipatif dalam pembelajaran Paket B di PKBM Permata Desa Bumbulan Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato
Main Author: | YULSI T. LUAWO |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/121409049/penerapan-pendekatan-partisipatif-dalam-pembelajaran-paket-b-di-pkbm-permata-desa-bumbulan-kecamatan-paguat-kabupaten-pohuwato.html |
Daftar Isi:
- Yulsi T. Luawo. 2012. Penerapan pendekatan partisipatif dalam pembelajaran Paket B di PKBM Permata Desa Bumbulan Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. H. Abdul Hamid Isa, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Abdul Rahmat, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan pembelajaran partisipatif pada program paket B di PKBM Permata Desa Bumbulan Kecamatan Paguat?. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan partisipatif dalam pembelajaran Paket B di PKBM Permata Desa Bumbulan Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato. . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan partisipatif dalam pembelajaran Paket B di PKBM Permata Desa Bumbulan Kecamatan Paguat Kabupaten Pohuwato, secara umum berada pada kategori cukup Hasil temuan tersebut merupakan akumulasi dari persiapan pembelajaran berada pada kategori cukup. Indikator pelaksanaan pembelajaran berada pada kategori cukup dan Indikator penilaian pembelajaran berada pada kategori cukup Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan beberapa hal sebagai berikut: pendekatan partisipatif perlu dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan khususnya dalam pembelajaran di paket B, perlu pendampingan secara intensif oleh tutor terhadap kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di program Paket B sehingga mampu mengoptimalkan penguasaan warga belajar terhadap kompetensi pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai. Kata Kunci: Pendekatan Partisipatif, Pembelajaran Paket B