Kemampuan menggunakan alat penilaian kemampuan guru (apkg 1) SUATU PENELITIAN PADA MAHASISWA PPL II JURUSAN PENDIDIKAN ANAK DI SDN 29 KOTA GORONTALO
Main Author: | Salma Halidu |
---|---|
Other Authors: | BIYAYA SENDIRI |
Format: | Proceeding |
Terbitan: |
NATIONAL SEMINAR AND INTERNATIONAL CONFERENCE
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/1205/kemampuan_menggunakan_alat_penilaian_kemampuan_guru__apkg_1__suatu_penelitian_pada_mahasiswa_ppl_ii_jurusan_pendidikan_anak_di_sdn_29_kota_gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Untuk meningkatkan kualitas calon guru dalam mengajar hendaknya calon guru mampu melaksanakan program pengajaran dan sekaligus mampu pula melaksanakannya dalam bentuk pengolaan kegiatan belajar mengajar. Agar pelaksanaan pengajaran berjalan efisien dan efektif maka diperlukan perencanaan yang tersusun secara sistematis, oleh karena pengajaran yang baik, sangat dipengaruhi oleh perencanaan yang baik pula. Dengan rancanagan pengajaran yang sistematis dan berencana tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu pengajaran, secara tidak langsung upaya meningkatkan mutu pendidikan yang dicanangkan perintah dapat dirasakan hasilnya. Adapun operasional-operasional rancangan pengajaran di atas berupa persiapan mengajar baik persiapan dalam menciptakan suasana yang focarele dsalam kelas, dalam usaha mencapai tujuan mengajar yang efektif dan efisien. Hasil penelitian menunjukan merumuskan pembelajaran dikategorikan baik, pengembangan dan pengorganisasian materi, media dan sumber belajar, dikategorikan cukup, merencakan skenario kegiatan pembelajaran dikategorikan cukup, merancang pengelolaan kelas dikategorikan cukup, merancang prosedur, jenis dan menyiapkan alat penilaian dikategorikan sangat baik, dan tampilan dokumen rencana pembelajaran dikategorikan baik.