Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Topik Tugas Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango
Main Author: | FINARSI MAHMUD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111413079/pengaruh-layanan-bimbingan-kelompok-topik-tugas-terhadap-percaya-diri-siswa-kelas-x-di-sma-negeri-1-kabila-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Finarsi Mahmud. 2017. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Topik Tugas Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abd. Kadir Husain, M.Pd. Kons dan Pembimbing II Dra. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si. Permasalahan yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah rendahnya percaya diri siswa kelas X, yang ditandai oleh: siswa malu tampil di depan kelas, siswa sering menyendiri, menghindarkan diri ketika ditunjuk oleh guru dalam melakukan tugas tertentu, dan ragu-ragu dalam mengambil keputusan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok topik tugas terhadap percaya diri siswa. Secara umum gambaran percaya diri siswa kelas X di SMA N 1Kabila berada dalam kategori sedang yaitu, 84,04. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain "one group pre-test and post-test design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (Bimbingan Kelompok Topik Tugas) dan variabel Y ( Percaya Diri) siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kabila). Perlakuan diberikan 8 kali terhadap 15 orang siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu teknik sampel dengan pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data berupa teknik angket yang berfungsi sebagai pre-test dan post-test. Uji hipotesis menggunakan uji t yang menghasilkan harga thitung = 1,817, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf 5% diperoleh ttabel = t0,05 (28)= 1,701 artinya thitung > tdaftar . Dalam hal ini ada perbedaan skor rata-rata pre-test dan skor rata- rata post-test, dimana skor rata-rata post-test lebih tinggi dari skor rata-rata pre-test. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi "terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok topik tugas terhadap percaya diri siswa kelas X SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango, dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian ini, layanan bimbingan kelompok topik tugas berpengaruh terhadap percaya diri siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Kata kunci: Bimbingan Kelompok Topik Tugas, Percaya Diri