STUDI KOMPARATIF UNSUR-UNSUR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SUWAWA KABUPATEN BONE BOLANGO DENGAN SMA NEGERI 5 GORONTALO
Main Author: | DEWISARI ALI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111413078/studi-komparatif-unsur-unsur-yang-mempengaruhi-motivasi-belajar-pada-siswa-kelas-x-smk-negeri-1-suwawa-kabupaten-bone-bolango-dengan-sma-negeri-5-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Dewisari Ali. 2017. "Studi Komparatif Unsur-Unsur Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango Dengan SMA Negeri 5 Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Salim Korompot, S,Pd M.Pd Masalah dalam penelitian ini adalah unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Suwawa dan siswa SMA Negeri 5 Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Suwawa dan siswa SMA Negeri 5 Kota Gorontalo. Penelitian ini adalah komparatif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari satu variabel dimaksudkan untuk mengetahui perbedaan unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Suwawa dan siswa SMA Negeri 5 Kota Gorontalo dengan populasi siswa kelas X SMK Negeri 1 suwawa sebanyak 183 peserta didik dan siswa SMA Negeri 5 Kota Gorontalo sebanyak 180 peserta didik. Dari keseluruhan populasi maka yang menjadi anggota sampel sebanyak 20% atau 90 peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner bentuk skala Likert. S unsur-unsur yang mempengaruhi motivasu belajar yang digunakan dalam penelitian ini merupakan skala yang dirancang sendiri oleh penulis berdasarkan teori dari indiktor cita-cita atau aspirasi peserta didik, kemampuan peserta didik, kondisi peserta didik, kondisi lingkungan peserta didik, unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran dan upaya guru dalam membelajarkan peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini menunjukan hasil uji t-test dengan beberapa aspek bahwa hasilnya menunjukan koefisien t sebesar 2,018 dengan taraf signifikan sebesar 0,047 (p