DAMPAK BROKEN HOME TERHADAP KONDISI PSIKOLOGIS SISWA DI SMA NEGERI 1 TELAGA KABUPATEN GORONTALO

Main Author: RISKA MALEWA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Di
Sma
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111413035/dampak-broken-home-terhadap-kondisi-psikologis-siswa-di-sma-negeri-1-telaga-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK RISKA MALEWA. 2017. Dampak Broken Home Terhadap Kondisi Psikologis Siswa SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Abd. Kadir Husain, M.Pd, Kons dan pembimbing II Irvan Usman, S.Psi, M.Si. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian adalah dampak broken home terhadap kondisi psikologis pada siswa SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dampak broken home terhadap kondisi psikologi siswa SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang menggambarkan tentang dampak broken home terhadap kondisi psikologis siswa SMA Negeri 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan dampak broken home terhadap kondisi psikologis siswa, yakni : (1) Siswa yang merasa iri dengan teman-temannya dikarenakan merasa berbeda dari teman-temannya yang mempunyai anggota keluarga yang utuh dan lengkap, (2) Siswa merasakan ketidaknyamanan ketika berada di lingkungan sekitarnya dan lebih senang menyendiri dan memilih tidak berbaur dengan teman-temannya, (3) Dalam kegiatan belajarnya pun siswa kurang bersemangat, (4) Perilaku yang menyimpang di antaranya sering terlambat, membolos dan keluar masuk pada saat jam pelajaran berlangsung. Kata Kunci: Broken Home, kondisi psikologis siswa