Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik written Terhadap Kecerdasan Intrapersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango

Main Author: SRI WAHYUNI WAGAFIR
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2018
Subjects:
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111413015/pengaruh-bimbingan-kelompok-teknik-written-terhadap-kecerdasan-intrapersonal-siswa-kelas-viii-smp-negeri-1-kabila-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK SRIWAHYUNI WAGAFIR. 2017. Nim: 111 413 015 &#226Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik written Terhadap Kecerdasan Intrapersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango&#226 Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons selaku pembimbing I dan Irpan A.Kasan, S.Ag, M.Pd pembimbing II. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini terdapat pengaruh bimbingan kelompok teknik written terhadap kecerdasan intrapersonal siswa di SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, pengaruh bimbingan kelompok terknik written tehadap kecerdasan intrapersonal siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain penelitian &#226group pre-test-post-test design&#226.Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (bimbingan kelompok teknik written) dan variabel Y (kecerdasan Intrapersonal). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango, dengan anggota sampel 15 orang (menggunakan purposive sampling atau pengambilan sampel yang didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan tertentu dari peneliti). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test (angket) yang digunakan untuk pre-test dan post-test. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Dari hasil perhitungan diperoleh harga thitung sebesar2.19. Sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 0,05 diperoleh t (dk = n&#226+ n&#226- 2 = 15 + 15 &#226" 2 = 28) = 1.70. Ternyata harga thitung memperoleh harga lain, atau thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1. Artinya bahwa hipotesis terdapat pengaruh bimbingan kelompok teknik written terhadap kecerdasan intrapersonal siswa, dapat diterima. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Teknik Written, Kecerdasan Intrapersonal