STUDI KOMPARASI KESULITAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TAPA DENGAN SMA NEGERI 1 SUWAWA KABUPATEN BONE BOLANGO
Main Author: | NURJANNA YUNUS |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111413006/studi-komparasi-kesulitan-belajar-pada-siswa-kelas-xi-ips-sma-negeri-1-tapa-dengan-sma-negeri-1-suwawa-kabupaten-bone-bolango.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Nurjannah Yunus. 2017. Studi Komparasi Kesulitan Belajar Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa Dengan Sma Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bonebolango. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. Wenny Hulukati, M.Pd dan pembimbing II Irvan Usman, S.Psi, M.Si. Permasalahan yang dihadapi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa dengan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Suwawa yaitu adanya siswa yang mengalami masalah terkait dengan kesulitan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan tingkat kesulitan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa dengan SMA Negeri 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini adalah komparatif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari satu variabel yaitu variabel (kesulitan belajar). Pada penelitian ini, yang menjadi anggota populasi adalah keseluruhan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa Yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 123 dan untuk siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Suwawa yang teridiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 119 siswa. Dari keseluruhan populasi yang diambil menjadi sampel adalah 120 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Angket. Angket tersebut mengukur indiktor-indikator kesulitan belajar, sebagai berikut : 1. Menunjukkan prestasi yang rendah; 2. Hasil belajar yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan; 3. Anak didik lambat dalam mengerjakan tugas-tugas belajar; 4. Anak didik menunjukkan sikap kurang wajar; 5. Anak didik menunjukkan tingkah laku yang tidak seperti biasanya ditunjukkan kepada orang lain. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan yang signifikan antara kesulitan belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa dengan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Suwawa. Dalam hal ini siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tapa memiliki tingkat kesulitan belajar yang lebih tinggi di bandingkan dengan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Suwawa. Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tapa lebih menonjol pada lambat mengerjakan tugas, dan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Suwawa lebih menonjol pada hasil belajar yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan Kata kunci : Kesulitan Belajar Siswa