MENINGKATKAN PERHATIAN ANAK PADA PEMBELAJARAN MELALUI TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT DI TK ILOHELUMA KECAMATAN KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO

Main Author: LAILA MUHDIN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Tk
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111411149/meningkatkan-perhatian-anak-pada-pembelajaran-melalui-teknik-behavior-contract-di-tk-iloheluma-kecamatan-kabila-kabupaten-bone-bolango.html
Daftar Isi:
  • A B S T R A K Laila Muhidin. NIM. 111 411 149. "Meningkatkan Perhatian Anak pada Pembelajaran Melalui Teknik Behavior Contract di TK Iloheluma Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango". Skripsi. Program S1 Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. 2013. Pembimbing I: Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Lukman A.R. Laliyo, M.Pd, MM Masalah yang dikaji dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: "Apakah teknik behavior contract dapat meningkatkan perhatian anak pada pembelajaran di TK Iloheluma Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perhatian anak pada pembelajaran melalui teknik behavior contract. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui observasi. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang memiliki perhatian adalah 9 orang (56%), kurang memiliki perhatian 4 orang (25%), dan tidak memiliki perhatian 3 orang (19%). Siklus II anak yang memiliki perhatian berjumlah 14 orang (87%), kurang memiliki perhatian 2 orang (13%) dan tidak memiliki perhatian 0%). Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi: "Jika guru menggunakan teknik behavior contract, maka perhatian anak pada pembelajaran di TK Iloheluma Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango akan meningkat, dapat diterima". KATA KUNCI: PERHATIAN ANAK DALAM PEMBELAJARAN, TEKNIK BEHAVIOR CONTRACT