FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS VI DI MIS AN-NUR KAYUBULAN KECAMATAN BATUDAA PANTAI KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | FERRI BUSRA |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111410220/faktor-penyebab-rendahnya-motivasi-belajar-pada-siswa-kelas-vi-di-mis-an-nur-kayubulan-kecamatan-batudaa-pantai-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ferri Busra, 2015 Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VI di MIS AN-NUR Kayubulan Kecamatan Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo Pembimbing I Dr. Rustam Husain, M.Pd dan Pembimbing II Murhima A. Kau, S.Psi, M.si Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar pada siswa kelas VI di MIS An-Nur Kayubulan Kec.Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang faktor penyebab rendahnya motivasi belajar pada siswa kelas VI di MIS An-Nur Kayubulan Kec.Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kuantitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI di MIS An-Nur Kayubulan Kec.Batudaa Pantai semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016. Adapun jumlah subjek penelitian sebanyak 15 orang. Data dikumpulkan melalui angket. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif Berdasarkan rumusan masalah diatas maka tujuan penelitian ini adalah : a.Untuk mengetahui Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas VI di Mis An-Nur Kayubulan Kecamatan Batudaa Pantai. Kabupaten Gorontalo. b. Untuk mengetahui faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas VI di Mis An-Nur Kayubulan Kecamatan Batudaa Pantai. Kabupaten Gorontalo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penyebab rendahnya motivasi belajar siswa adalah : (a) faktor guru yang menyangkut : penggunaan metode, penggunaan media pembelajaran, penilaian sebesar dan penampilan guru sebesar 77,50%, (b) faktor siswa yang menyangkut cara belajar, dan perhatian terhadap pelajaran sebesar 87,70 % (c) faktor orang tua yang menyangkut dorongan dan perhatian sebesar 67,67%, (d) faktor teman yang terdiri dari perhatian dan solidaritas sebesar 92,08% dan (e) faktor sarana pendukung sebesar 79,58%.