PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENGATASI PERILAKU TERLAMBAT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 GORONTALO

Main Author: NURAFNI ABD. RAHMAN
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Vii
Smp
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111410160/peran-guru-bimbingan-konseling-dalam-mengatasi-perilaku-terlambat-pada-siswa-kelas-vii-smp-negeri-1-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Nurafni Abd rahman. 2015. Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Perilaku Terlambat Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo. Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Maryam Rahim, M.Pd dan Pembimbing II Irpan A. Kasan, S.Ag, M.Pd. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku terlambat pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo. Untuk peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku terlambat siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu; 1) Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku terlambat pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo adalah siswa yang tinggal jauh dari sekolah, masalah transportasi, dan bangun kesiangan. 2) Peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi perilaku terlambat pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gorontalo yaitu melaksanakan konseling individual dan konseling kelompok jika diperlukan maka dilakukan home visit dan bila tiga kali terlambat maka diberikan surat teguran kepada siswa untuk mengundang orangtua siswa ke sekolah. Kata Kunci : Peran Guru Bimbingan Konseling, Perilaku Terlambat Siswa