MENINGKATKAN PERILAKU SOPAN SANTUN ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DI TK DENIUM KECAMATAN KOTA SELATAN KOTA GORONTALO
Main Author: | RISNA MOHAMAD |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111410143/meningkatkan-perilaku-sopan-santun-anak-kelompok-b-melalui-metode-bermain-peran-role-playing-di-tk-denium-kecamatan-kota-selatan-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK RISNA MOHAMAD. 2014. MeningkatkanPerilakuSopanSantunAnakKelompok B MelaluiMetodeBermainPeran (Role Playing) Di TKAdeniumKecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. JurusanBimbinganKonseling. FakultasIlmuPendidikan. UniversitasNegeriGorontalo. PermasalahandalamPenelitianTindakanKelasiniadalahrendahnyaperilakusopansantunanak. Tujuanpenelitianadalahuntukmeningkatkanperilakusopansantunanakmelaluimetodebermainperan di kelompok B TK AdeniumKecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. PenelitianTindakanKelasinidilaksanakanpadaanakkelompokB TKAdeniumKecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo. Teknikpengolahan data adalahsecarakuantitatifdankualitatif. HasilpenelitianSiklus I adalah 43.48% ataun 9 anakdinyatakanmampudanhasilsiklus II 81.16% atau 19 dari 23 anakdinyatakanmampuberperilakusopansantun. Dari hasil yang diperolehpadasiklus II, dimanaindikatorkinerja yang telahditetapkantelahtercapaibahkanterlampaui, makapenelitiandalamrangkameningkatkanperilakusopansantunanakmelaluimetodebermainperandinyatakanberhasil. Mencermatikeberhasilanperbaikanpembelajaran yang telahdiperolehmelaluipenelitianini, makadapatdisarankan agar guru hendaknyamenggunakanmetodebermainperansebagaisalahsatumetodedalampengembanganperilakusopansantunanak. Kata Kunci :PerilakuSopanSantun, BermainPeran