Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Pembelajaran Melalui Teknik Fading pada Kelas II SDN I Motinelo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo

Main Author: UMIYATI A. YUSUP
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2012
Subjects:
Ii
Sdn
I
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111410089/meningkatkan-kemampuan-menulis-pada-pembelajaran-melalui-teknik-fading-pada-kelas-ii-sdn-i-motinelo-kecamatan-tabongo-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Umiyati A. Yusup, Nim 111410089, Meningkatkan Kemampuan Menulis Pada Pembelajaran Melalui Teknik Fading pada Kelas II SDN I Motinelo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Bimbingan dan konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Menulis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Melalui kemampuan menulis dapat diamati hasil belajars siswa. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah terdapatnya sebagian dari siswa yang melum memiliki kemampuan menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pada pembelajaran melalui teknik fading. Adapaun subyek penelitian adalah siswa kelas II dengan jumlah 25 orang, pria 12 orang dan perempuan 13 orang siswa. Hasil pengamatan pada Siklus I diperoleh peningkatan kemampuan menulis siswa yakni menjadi 12 orang (48%), Siklus II menjadi 16 orang (64%), dan Siklus III mencapai 22 orang (88%). Dengan demikian hipotesis tindakan yang berbunyi : Jika guru menggunakan Teknik Fading maka, kemampuan menulis siswa Kelas II SDN I Motinelo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan dapat diterima. kata kunci : kegiatan menulis melalui teknik fading