PENGARUH BIMBINGAN KLASIKAL TERHADAP PEMAHAMAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 12 GORONTALO

Main Author: LIDIA DEWI SISWARI KIAYI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2015
Subjects:
Dan
Vii
Di
Smp
12
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111410036/pengaruh-bimbingan-klasikal-terhadap-pemahaman-layanan-bimbingan-dan-konseling-pada-siswa-kelas-vii-di-smp-negeri-12-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Lidia Dewi Siswari Kiayi. 2014. Pengaruh Bimbingan Klasikal Pemahaman Layanan Bimbingan dan Konseling pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Gorontalo.Skripsi.Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Tuti Wantu, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Irpan Kasan, S.Ag, M.Pd. Permasalahan yang dihadapi siswa di SMP Negeri 12 Gorontalo khususnya siswa kelas VII adalah pemahaman tentang layanan bimbingan dan konseling pada siswa yang ditandai dengan belum memahami arti bimbingan dan konseling, prinsi-prinsip Bimbingan dan Konseling, fungsi Bimbingan dan Konseling, tujuan Bimbingan dan Konseling, asas-asas Bimbingan dan Konseling. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bimbinga dan konseling pada siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yaitu untuk meningkatan pemahaman bimbingan dan konseling pada siswa kelas VII di SMP Negeri 12 Gorontalo.Anggota sampel di dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 300 orang siswa.Tehnik yang digunakan untuk pengambilan sampel tersebut yaitu secara purposive sampling atau pengambilan sampel bedasarkan tujuan sehingga mendapat 30 orang siswa.Tehnik yang digunakan untuk pengumpulan data utama adalah angket, sedangkan observasi dan wawancara adalah sebagai pelengkap atau pendukung. Bedasarkan hasil hipotesis, dimana harga thitung sebesar 48.21909 dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t(0.975) (4) = 2.78. Ternyata harga thitung memperoleh harga lain, atau harga thitung telah berada di luar daerah penerimaan H0, sehingga disimpulkan bahwa H0 ditolak dan menerima H1.Sehingga Penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan hipotesis "Pengaruh Bimbingan Klasikal terhadap Pemahaman Layanan Bimbingan dan Konseling pada Siswa " ini dapat diterima.Penelitian ini diharapkan agar menjadi pedoman untuk meningkatkan pemahaman bimbingan dan konseling. Kata Kunci : Pemahaman Bimbingan dan Konseling