PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK CINEMA THERAPY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X MULTIMEDIA DI SMK NEGERI 1 LIMBOTO KABUPATEN GORONTALO

Main Author: SAPIANA
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
X
Di
Smk
1
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111409055/pengaruh-bimbingan-kelompok-teknik-cinema-therapyterhadap-motivasi-belajar-siswa-kelas-x-multimedia-di-smk-negeri-1-limboto-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Sapiana. 2013. Pengaruh Bimbingan Kelompok Tehnik Cinema Therapy Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Multimedia Di SMK Negeri 1 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Maryam Rahim M.Pd. dan Pembimbing II, Irvan Usman S.Psi. M.Si. Permasalahan yang dihadapi di SMK Negeri I Limboto kelas X Multimedia adalah adanya siswa yang mengalami masalah motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok teknik cinema therapy terhadap motivasi belajar siswa melalui suatu eksperimen. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, (quasi experiment) yang menggunakan desain One group pretest and postest design. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X (cinema therapy), dan variabel Y (motivasi belajar). Anggota populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Multimedia di SMK Negeri 1 Limboto yang berjumlah 38 orang. Anggota sampel 15 orang (menggunakan batas minimal anggota sampel untuk penelitian eksperimen). Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan wawancara. Angket yang disebarkan sebanyak dua kali yakni sebelum pemberian tindakan dan sesudah pemberian tindakan. Dan wawancara digunakan setelah pemberian angket sesudah pemberian tindakan. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Perolehan hasil perhitungan kelompok eksperimen harga t_hitung sebesar -4,07, sedangkan dari daftar distribusi t pada taraf nyata 5% diperoleh t_0,975(28) = 2,05. Artinya t_hitunglebih kecil dari tdaftar. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi bimbingan kelompok teknik cinema therapy berpengaruh terhadap motivasi belajar dapat diterima. Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, bimbingan kelompok teknik cinema therapy merupakan salah satu teknik yang tepat untuk digunakan guru bimbingan dan konseling. Kata kunci : Bimbingan Kelompok Teknik Cinema Therapy, Motivasi Belajar.