Hubungan antara Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Disiplin Belajar di Rumah pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo

Main Author: HAMJA HAMID
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2016
Subjects:
Di
Smp
4
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111409025/hubungan-antara-prestasi-belajar-dalam-mata-pelajaran-bahasa-inggris-dengan-disiplin-belajar-di-rumah-pada-siswa-kelas-viii-smp-negeri-4-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hamja Hamid. 2016. Skripsi. Hubungan antara Prestasi Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Inggris dengan Disiplin Belajar di Rumah pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Jurusan Bimbingan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. 2016. Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd. Kons dan pembimbing II Dra. Hj. Mardia Bin Smith, S.Pd, M.Si. Masalah dalam penelitian ini apakah terdapat hubungan antara prestasi belajar dalam mata pelajaran bahasa Inggris dengan disiplin belajar di rumah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo? Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar dalam mata pelajaran bahasa Inggris dengan disiplin belajar di rumah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Penelitian ini berjenis penelitian korelasional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode tersebut digunakan untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar dalam mata pelajaran bahasa Inggris dengan disiplin belajar di rumah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumen. Analisis instrumen penelitian dilakukan melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data meliputi korelasi, koefisien determinan,dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung > t tabel. Taraf signifikasi 0,05 dengan dk (n-2) = (43-2) = 41 sebesar 2.68, dengan kriteria pengujian Ho : ditolak jika t hitung < t tabel dan Ho diterima jika t hitung > t tabel. Dengan demikian, t hitung = 6.66 > 2.68, sehingga dapat dikatakan ada hubungan yang sangat signifikan antara disiplin belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Berdasarkan penelitian tersebut, disimpulkan terdapat hubungan antara disiplin belajar di rumah dengan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Inggris. Kata kunci: disiplin belajar di rumah, prestasi belajar siswa.