Keefektifan Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Kelompok B Usia Lima Tahun Di Pusat PAud Islam Terpadu Al-Ishlah Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo

Main Author: HASNI DATAU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2013
Subjects:
B
Di
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/111408039/keefektifan-metode-bermain-peran-terhadap-peningkatan-kemandirian-anak-usia-prasekolah-kelompok-b-usia-lima-tahun-di-pusat-paud-islam-terpadu-al-ishlah-kecamatan-kota-tengah-kota-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Hasni Datau, 2013. Keefektifan Metode Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Kelompok B Usia Lima Tahun Di Pusat PAud Islam Terpadu Al-Ishlah Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. H. Abd. Kadir Husain, M.Pd, Kons dan Pembimbing II Murhima A. Kau, S.Psi. M. Psi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemikiran bahwa kemandirian merupakan sikap yang harus dikembangkan sejak masa kanak-kanak agar kelak mereka bisa menjalani kehidupan tanpa ketergantungan kepada orang lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah metode bermain peran efektif terhadap peningkatan kemandirian anak? Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan metode bermain peran terhadap peningkatan kemandirian anak usia prasekolah kelompok B usia lima tahun di Pusat PAUD Islam Terpadu Al-Ishlah Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan observasi. Observasi yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan diperoleh hasil sebagai berikut. Pada siklus I anak yang sudah mandiri dengan kategori sangat baik 2 orang dan 14 orang dengan kategori baik. Siklus II anak yang sudah mandiri dengan kategori sangat baik 5 orang dan 12 orang dengan kategori baik 12 orang. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran efektif dalam peningkatan kemandirian anak usia prasekolah usia lima tahun. Sehingga disarankan perlu adanya penerapan metode bermain peran dalam kegiatan pembelajaran untuk mendorong anak menjadi mandiri. Kata kunci : Metode Bermain Peran, Kemandirian Anak