MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMERANKAN TOKOH DRAMA MELALUI METODE ROLE PLAYING DI KELAS V SDN NO. 92 SIPATANA KOTA GORONTALO
Main Author: | OLAN YUSUF |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/103812037/meningkatkan-kemampuan-siswa-memerankan-tokoh-drama-melalui-metode-role-playing-di-kelas-v-sdn-no-92-sipatana-kota-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- Abstrak Olan Yusuf,2014. Meningkatkan Kemampuan Memerankan Tokoh Drama Melalui Metode Role Playing Di Kelas V SDN No. 92 Sipatana Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program PJJ Mandiri SI PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dan II Dr. Hj. Rusmin Husain,S.Pd,M.Pd dan Dra. Dajani Suleman, M. HUM. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan yaitu : Apakah dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memerankan tokoh drama?" Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memerankan tokoh drama melalui metode role playing, dengan metode penelitian tindakan kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil observasi awal siswa yang mampu memerankan tokoh drama ada 2 orang (10%). Siklus I siswa yang mampu memerankan tokoh drama ada 11 orang (55%) dan siklus II mampu memerankan tokoh drama meningkat 18 orang (90%) dari 20 siswa. Hasil capaian ini melebihi target indikator keberhasilan yang telah ditetapkan sebelumnya yakni 17 orang (85%) dari siswa yang berjumlah 20 orang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa memerankan tokoh drama di kelas V SDN No. 92 Sipatana Kota Gorontalo dapat ditingkatkan dengan metode role playing. Sehingga Hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima Kata Kunci : Tokoh Drama, Role Playing