Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Melalui Metode Discovery di Kelas IV SDN 12 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo

Main Author: RASIMA D. DAI
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Di
Iv
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/103812031/meningkatkan-pemahaman-siswa-pada-materiperubahan-kenampakan-bumi-melalui-metode-discovery-di-kelas-iv-sdn-12bongomeme-kecamatan-bongomeme-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK RASIMA D. DAI. 2014. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Perubahan Kenampakan Bumi Melalui Metode Discovery di Kelas IV SDN 12 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj.Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan pembimbing II Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa pada pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN 12 Bongomeme Kecamatan Bongomeme, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan menggunakan metode discovery dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi perubahan kenampakan bumi di kelas IV SDN 12 Bongomeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo". Subjek yang menerima tindakan ini adalah siswa kelas IV SDN 12 Bongomeme tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 14 orang. Penelitian ini dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, dan tahap analisis dan tahap refleksi. Penelitian ini dibantu oleh guru mitra yang bertindak sebagai pengamat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan observasi ini menunjukkan bahwa pada observasi awal dari 14 orang siswa hanya 4 orang siswa yang memperoleh nilai 70 keatas atau 28,57% yang mencapai kriteria ketuntasan. Pada siklus I dari 14 orang siswa yang dukenai tindakan hanya 6 orang siswa atau 42,85% yang memperoleh nilai 70 keatas dan pada siklus II meningkat menjadi 12 orang atau 85,71% dengan capaian indikator ketuntasan yaitu 79,16%. Berdasarkan rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran metode discovery dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi perubahan kenampakan bumi di kelas IV SDN 12 Bongmeme Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Kata kunci : Pemahaman, Kenampakan,Discovery