MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERMAIN DRAMA MELALUI METODE BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS V SDN 1 PANTUNGO KABUPATEN GORONTALO
Main Author: | YULAN TABRANI |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/103812023/meningkatkan-kemampuan-bermain-drama-melalui-metode-bermainperan-pada-siswa-kelas-v-sdn-1-pantungokabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Yulan Tabrani, 2014. Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V SDN 1 Pantungo Kabupaten Gorontalo. Program Studi PJJ Mandiri S 1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Univesitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, dan Pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah"Apakah melalui metode bermain peran kemampuan siswa kelas V SDN 1 Pantungo Kab. Gorontalo dalam bermain drama dapat meningkat"? Adapun tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah" Untuk meningkatkan kemampuan bermain drama melalui metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 1 Pantungo Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan mengunakan teknik pengumpulan melalui observasi, dan dokumentasi dan subjek dalam penelitian ini adalah 23 orang siswa kelas V SDN 1 Pantungo Kabupaten Gorontalo. Hasil obsevasi awal untuk ketuntasan kemampuan siswa dalam bermain drama memperoleh hasil yang sangat rendah, yakni dari 23 jumlah siswa kelas V hanya 6 orang siswa atau 26 %, dan untuk siklus I untuk ketuntasan kemampuan siswa bermain drama melalui metode bermain peran siswa dengan perolehan nilai minimal 70 nampak 13 orang atau 57 %. Sedangkan untuk tindakan pembelajaran siklus II, hasil kemampuan siswa dalam bermain drama telah meningkat hingga nampak 20 orang atau 87 % dari hasil sebelumnya. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran pada siswa kelas V SDN 1 Pantungo Kabupaten Gorontalo, hasil kemampuan siswa dalam bermain drama sudah meningkat. Kata Kunci : Bermain Drama, Bermain Peran.