Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Pengaruh Cuaca Terhadap Kegiatan Manusia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas III SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo
Main Author: | CINDRIYATI H. RASID |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Universitas Negeri Gorontalo
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/103812004/meningkatkan-pemahaman-siswa-pada-materipengaruh-cuaca-terhadap-kegiatan-manusia-melalui-model-pembelajarankooperatif-tipe-picture-and-picture-di-kelas-iii-sdn-23-bongomeme-kecamatandungaliyo-kabupaten-gorontalo.html |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Cindriyati H. Rasid. 2014 Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Pengaruh Cuaca Terhadap Kegiatan Manusia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Di Kelas III SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Hj. Asni Ilham,S.Pd. M.Si, Pembimbing II : Gamar Abdullah,S.Si.M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia di kelas III SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo?". Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas III pada materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia melalui model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture di SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas, dengan teknik pengumpulan data tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Pada siklus I jelas ditunjukkan bahwa persentase siswa yang memiliki pemahaman untuk memahami materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia mengalami peningkatan yang cukup siginifikan yaitu menjadi 13 orang (65%), selanjutnya pada siklus II persentase hasil capaian mengalami peningkatan yaitu 17 siswa atau 85% siswa yang ada di SDN 23 Bongomeme Kabupaten Gorontalo yang mampu memahami materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pemahaman siswa pada materi pengaruh cuaca terhadap kegiatan manusia dapat ditingkatkan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture di SDN 23 Bongomeme Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo Kata Kunci: Pemahaman, model pembelajaran Picture And Picture