Meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran IPS menggunakan model Out And In Cycle di Kelas IV SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo

Main Author: FITRIANTY A. MENU
Format: Bachelors
Terbitan: Universitas Negeri Gorontalo , 2014
Subjects:
Ips
Out
And
In
Di
Iv
Sdn
Online Access: http://repository.ung.ac.id/skripsi/show/103812003/meningkatkan-pemahaman-siswapada-pelajaran-ips-menggunakan-model-out-and-in-cycle-di-kelas-iv-sdn-27limboto-kabupaten-gorontalo.html
Daftar Isi:
  • ABSTRAK FITRIANTY A. MENU. NIM. 103 812 003. Meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran IPS menggunakan model Out And In Cycle di Kelas IV SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si. dan Pembimbing 2. Samsi Pomalingo, S.Ag, M.A Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah pemahaman siswa pada pelajaran IPS dapat ditingkatkan melalui model Out And In Cycle?". Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran IPS menggunakan model Out And In Cycle di Kelas IV SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran IPS menggunakan model Out And In Cycle di Kelas IV SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo Hasil penelitian ini untuk peningkatan pemahaman siswa pada pelajaran IPS menggunakan model Out And In Cycle, pada observasi awal pemahaman siswa 50% meningkat menjadi 66% pada siklus I, 83% pada siklus II. Melihat keberhasilan pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa "Jika guru menggunakan model Out And In Cycle, maka pemahaman siswa pada pelajaran IPS di kelas IV SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo akan meningkat, dapat diterima". Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Model Out and In Cycle