Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika

Main Authors: Lestari, Wahyu, Pratama, Loviga Denny, Jailani, Jailani
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas PGRI Semarang , 2018
Online Access: http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/2332
http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/2332/1969
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik setting kooperatif tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIIC SMP Negeri 2 Gamping. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh skor motivasi belajar siswa tergolong dalam kriteria rendah (skor 66,84). Hasil tes prestasi belajar matematika juga masih kurang memuaskan, dengan tidak adanya siswa yang tuntas (nilai 75). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil siklus pertama menunjukkan persentase siswa yang tuntas dalam tes prestasi belajar meningkat menjadi 50%. Demikian juga dengan motivasi belajar juga meningkat ke kategori sedang (skor 82,81). Selanjutnya, di siklus 2 motivasi belajar kembali meningkat ke kategori tinggi (skor 92,28). Demikian juga dengan persentase siswa yang tuntas dalam prestasi belajar meningkat menjadi 78,13%.