PENGARUH PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NET PROFIT MARGIN PERUSAHAAN (Survey Perusahaan Food and Beverage yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Main Author: Hutabarat, Yuanita Carla Elanie
Format: Thesis application/pdf
Terbitan: Universitas Widyatama , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/8032
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Net Profit Margin Perusahaan. Corporate Social Responsibility (CSR) dapat memunculkan suatu nilai yang sangat beharga yaitu Intangible Asset. Intangible Asset yang dimaksud dalam hal ini adalah berupa reputasi perusahaan. Sehingga Corporate Social Responsibility (CSR) dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi investor untuk menanamkan modalnya dalam suatu perusahaan. Melalui Corporate Social Responsibility (CSR), perusahaan dapat mampu meningkatkan nilai perusahaan. Salah satu pengukuran dari nilai perusahaan adalah tingkat profitabilitas. Tingkat profitabilitas melalui Net Profit Margin mampu menjadi indikator kondisi suatu perusahaan. Objek penelitian ini adalah pengaruh penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Net Profit Margin (NPM) perusahaan. Dalam penelitian ini penulis meneliti perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidang Food and Beverage yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai subjek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analitis, yaitu suatu metode penelitian dengan cara mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan penelitian yang kemudian dikaji dan dianalisis, setelah data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis, lalu dibandingkan dengan landasan teori yang diperoleh dari literatur-literatur sehingga akhirnya dapat ditarik suatu kesimpulan. Kesimpulan yang didapat berdasarkan hasil penelitian dan analisis statistik yang digunakan diperoleh hasil terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penerapan Corporate Social Responsibility dengan Net Profit Margin (NPM), dan kedua variabel tersebut memiliki keeratan hubungan yang kuat sebesar (0,465).