PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Otomotif yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2010–2014)
Main Author: | Damayanti, M Rizka |
---|---|
Format: | Thesis application/pdf |
Terbitan: |
Universitas Widyatama
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7490 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pengungkapan corporate social responsibility dan kinerja keuangan perusahaan, serta seberapa besar pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan pada sektor industri otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel independen. Sedangkan kinerja keuangan perusahaan yang diukur dari rasio return on asset sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014 sebanyak 12 perusahaan. Teknik pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 8 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel menggunakan Eviews 8. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diukur menggunakan return on asset pada perusahaan manufaktur sektor industri otomotif yang terdaftar di BEI periode 2010-2014. Besar kontribusi pengaruh yang diberikan pengungkapan corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan adalah 47,9%.