PERAN AUDIT INTERNAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN PENJUALAN (Studi kasus pada PT. Indosat Tbk.)
Main Author: | Rachmadi, Adhitya |
---|---|
Format: | Thesis application/pdf |
Terbitan: |
Universitas Widyatama
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/7450 |
Daftar Isi:
- Pengendalian intern penjualan sangatlah penting karena penjualan merupakan kegiatan pada perusahaan dan menjadi aktivitas utama dalam perusahaaan. Pengendalian intern penjualan perlu diawasi agar tidak terjadi penyelewengan. Agar pengendalian intern berjalan secara efektif dibutuhkan bagian yang mengawasi dan mengevaluasi efektivitas penjualan, bagian ini adalah audit internal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan audit internal pada PT Indosat Tbk. dilaksanakan, untuk mengetahui pelaksanaan pengendalian intern penjualan di PT Indosat Tbk. Tujuan tersebut dimaksudkan untuk dapat menjawab peranan audit internal dalam menunjang efektivitas pengendalian intern penjualan pada PT Indosat Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, metode ini dilakukan dengan cara mengumpulkan, menyajikan, dan menganalisis data. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif yang merupakan variabel independen dan dependen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner. Teknik pengambilan sampel dengan nonprobability sampling. Dari hasil penelitian bahwa audit internal dikatakan memadai dalam meningkatkan efektivitas pengendalian intern penjualan di PT Indosat Tbk. terbukti dengan uji korelasi Rank Spearman menunjukkan hubungan yang sangat kuat yaitu sebesar 0,850. Audit internal berperan dalam menunjang efektivitas pengendalian penjualan sebesar 75,25%, sedangkan sisanya sebesar 27,75% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diukur dalam penelitian ini. Uji hipotesis menyatakan Ha diterima, didapat thitung = 9,94, kemudian dibandingkan dengan ttabel, nilai ttabel diperoleh df = 1.685, tingkat signifikan α untuk uji satu pihak (one tailed test) = 0.05, maka nilai thitung > ttabel (9,94> 1.685) maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis yang penulis ajukan yaitu audit internal berperan positif dalam menunjang efektivitas pengendalian intern penjualan, dapat diterima.