PENGARUH EARNING PER SHARE (EPS) DAN PRICE EARNING RATIO (PER) TERHADAP PERUBAHAN HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK JAKARTA
Main Author: | Agustini, Lucky |
---|---|
Format: | Thesis application/pdf |
Terbitan: |
Universitas Widyatama
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/6074 |
Daftar Isi:
- Sebelum menginvestasikan dananya, investor dituntut untuk menyelidiki, menganalisis dan memilih saham-saham emiten yang akan atau yang telah dipilih agar diperoleh hasil yang maksimal dengan risiko yang minimal. Untuk dapat menghasilkan keputusan yang optimal dalam kegiatan investasi, investor pada dasarnya harus mampu mengolah dan menganalisis semua informasi yang ada baik internal maupun eksternal. Namun pada prakteknya, investor lebih sering menekankan pada informasi internal yang terdapat pada laporan keuangan perusahaan karena laporan keuangan memberikan informasi keuangan dan gambaran paling representatif mengenai hasil kinerja usaha yang telah dicapai perusahaan. Penilaian terhadap informasi keuangan perusahaan merupakan unsur yang penting dalam analisis investasi, termasuk analisis Earning per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Earning per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap perubahan harga saham perusahaan Industri makanan dan minuman yang go public di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Dalam melakukan penelitian, teknik penelitian yang dilakukan bersifat survey pada beberapa perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif analitis. Objek penelitian ini adalah Pengaruh Earning per Share dan Price Earning Ratio terhadap Perubahan Harga Saham pada perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam satu industri sejenis, yaitu industri makanan dan minuman yang telah go public dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta (BEJ). Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa Earning per Share (EPS) mempunyai hubungan yang sangat kuat dengan perubahan harga saham pada perusahaan industri makanan dan minuman, yaitu sebesar 0.920, sedangkan Price Earning Ratio (PER) mempunyai hubungan yang sangat rendah dengan perubahan harga saham pada perusahaan industri makanan dan minuman, yaitu sebesar -0.101. Pengaruh Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER) terhadap Perubahan Harga Saham sebesar 84.64%, dan sisanya sebesar 15.36% dipengaruhi oleh faktor-faktor diluar Earning Per Share (EPS) dan Price Earning Ratio (PER).