Manfaat Sistem Pengendalian Piutang Dalam Meminimalisasi Piutang tak Tertagih (Bad Debt) Pada Perusahaan Leasing (studi kasus pada perusahaan leasing)

Main Author: Sofyan, Hery
Format: Thesis application/pdf
Terbitan: Universitas Widyatama , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/591
Daftar Isi:
  • Dalam suatu kegiatan usaha, baik itu perusahaan besar maupun kecil tujuan utamanya adalah memperoleh laba yang maksimal dalam rangka mempertahankan kelangsungan usahanya. Untuk mencapai tujuan tersebut manajemen harus mengelola perusahaannya dengan baik dan harus didukung oleh penetapan perencanaan, kebijakan, prosedur, pendelegasian wewenang, metodemetode dan standar pelaksanaan yang dapat diterapkan untuk mengevaluasi hasil yang dicapai. Skripsi ini merupakan skripsi penelitian dengan mengambil judul â Manfaat Sistem Pengendalian Piutang Dalam Meminimalisasi Piutang Tak Tertagih (Bad Debt) Pada Perusahaan Leasingâ . Objek penelitian adalah Perusahaan Leasing terutama pada bagian Credit Marketing Officer (CMO), Credit Control Executive (CCE) dan Field Auditor pada PT X. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal berikut: mengetahui apakah sistem pengendalian piutang yang diterapkan sudah dilaksanakan dengan efektif, dan mengetahui sejauh manakah manfaat sistem pengendalian piutang yang diterapkan perusahaan dapat meminimalisasi piutang tak tertagih (bad debt) secara maksimal. Data yang diperoleh dari kuesioner dianalisis menggunakan metode presentase Champion untuk membuktikan hipotesis yaitu apakah sistem pengendalian piutang yang dilakukan dapat bermanfaat dalam meminimalisasi piutang tak tertagih (bad debt). Hipotesa yang penulis tetapkan ada beberapa faktor dalam melaksanakan sistem pengendalian piutang yaitu: prosedur pemberian kredit, prosedur penagihan dan penetapan pengendalian intern yang layak. Berdasarkan hasil analisa penelitian dan perhitungan statistik didapat hasil kuesioner butir pertanyaan valid dan reliabel dengan menggunakan rumus product moment diperoleh ï 1⁄2 11 r 0,678, karena nilai reliabilitasnya lebih besar daripada 0,632 5% ï 1⁄2 t r . Sedangkan dari keseluruhan jawaban kuesioner diperoleh total 172 jawaban â Yaâ dari total 240 pertanyaan. Sehingga diperoleh persentase 61,43% yang menunjukkan bahwa â Sistem pengendalian yang diterapkan cukup dilaksanakan dengan efektif dalam meminimalisasi piutang tak tertagihâ