PERANAN AKUNTANSI PERTANGGUNGJAWABAN SEBAGAI ALAT BANTU MANAJEMEN DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS BIAYA PEMASARAN (Studi Kasus pada PT. INTI (Persero) Bandung)

Main Author: Afiana, Reza Fauzi
Format: Thesis application/pdf
Terbitan: Universitas Widyatama , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/5676
Daftar Isi:
  • Akuntansi pertanggungjawaban merupakan suatu sistem akuntansi yang disusun sedemikian rupa sehingga pengumpulan, pelaporan biaya dan penghasilan yang dilakukan sesuai dengan bidang pertanggungjawaban dalam organisasi. Tujuannya agar dapat diketahui organisasi atau kelompok yang bertanggung jawab atas penyimpangan biaya dan penghasilan yang dianggarkan. Penelitian berjudul Peranan Akuntansi Pertanggungjawaban sebagai Alat Bantu Manajemen dalam Menunjang Efektivitas Biaya Pemasaran, tujuan penelitian untuk mengetahui dan memahami efektivitas penerapan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat bantu manajemen pada PT. INTI (Persero) Bandung dan untuk mengetahui peranan akuntansi pertanggungjawaban dalam menunjang efektivitas biaya pemasaran pada PT. INTI (Persero) Bandung. Metode yang digunakan yaitu eksplanatory analisis dengan teknik pengumpulan data melalui penelitian lapangan dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat bantu manajemen di PT. INTI (Persero) Bandung sudah dilaksanakan dengan efektif, hal ini Apabila dilihat dari struktur organisasi dan uraian tugasnya, PT INTI sudah memenuhi syarat dalam penerapan akuntansi pertanggungjawaban. Struktur organisasi yang saat ini dimiliki oleh PT INTI menggambarkan adanya bagian-bagian yang merupakan pusat pertanggungjawaban yang saling berhubungan dan telah memiliki tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang telah ditetapkan secara terperinci. Hal ini memudahkan pimpinan dalam meminta penjelasan dan pertanggungjawaban dari bagian yang bersangkutan dan memberikan saran untuk tindakan perbaikan. Selain tanggapan responden memiliki nilai rata-rata 3.82 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. Peranan akuntansi pertanggungjawaban sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efektivitas pengendalian biaya pemasaran di PT. INTI (Persero) Bandung berdasarkan hasil uji korelasi menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan berpengaruh. Hasil uji hipotesis juga menunjukkan akuntansi pertanggungjawaban berperan sebagai alat bantu manajemen dalam menunjang efektifitas pengendalian biaya pemasaran.