PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)
Main Author: | An’umillah, Aghnia |
---|---|
Format: | Thesis application/pdf |
Terbitan: |
Program Studi Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi - Bisnis Universitas Widyatama
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/11581 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah secara parsial dan simultan profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan sektor industri dasar kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah profitabilitas dan leverage sebagai variabel independen, sedangkan pengungkapan corporate social responsibility sebagai variabel dependen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri dasar kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018 yang berjumlah 62perusahaan. Teknik penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 36 perusahaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel pada taraf signifikansi sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Eviews 9. Hasil penelitian secara parsial dan simultan menunjukan bahwa profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Selain itu hasil penelitian juga menunjukan bahwa besarnya pengaruh profitabilitas dan leverage dalam menberikan kontribusi pengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility sebesar 82,8%.