PENERAPAN DATA MINING PADA PENJUALAN PRODUK PT PINDO DELI MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING DENGAN ALGORITMA AGGLOMERATIVE HIERARCHICAL CLUSTERING
Main Author: | Indrayana, Denis Seno |
---|---|
Format: | Thesis application/pdf |
Terbitan: |
Program Studi Teknik Informatika S1 Fakultas Teknik Universitas Widyatama
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/11546 |
Daftar Isi:
- P.T Pindo Deli Pulp and Paper Mills merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam industry pulp dan kertas di Indonesia. Dalam hal ini divisi marketing PT. Pindo Deli, Tbk haruslah memikirkan strategi dalam pemasaran untuk mampu menghasilkan suatu informasi yang siap digunakan dalam membantu pihak marketing dalam mengambil keputusan strategis pemasaran yang tepat. Untuk itu pihak marketing membutuhkan informasi yang baik untuk menujang kebutuhan perusahaan. Salah satunya adalah dengan melakukan pemanfaatan data base perusahaan menggunakan teknik Data Mining. Data Mining sendiri dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan. Dengan menggunakan teknik clustering dengan algoritma Agglomerative Hierarchical Clustering (AHC) untuk menghasilkan nilai rata-rata pada pola daerah penjualan produk dan dalam setiap metode akan diuji dengan menggunakan Sum Square Error (SSE) sehingga dapat memberikan informasi atau saran kepada para pemegang keputusan. Perusahaan dapat memasarkan produk dengan mengelompokkan daerah mana saja yang paling banyak diminati sehingga menghemat ongkos produksi dan mengefisienkan produk yang akan dikirimkan kepada konsumen. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat memberikan solusi nyata bagi para pengambil keputusan untuk mengembangkan perusahaan tersebut.