CAMPUR KODE PADA CAPTION DI INSTAGRAM: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK
Main Author: | Intan PP, Neng Rizki |
---|---|
Format: | Thesis application/pdf |
Terbitan: |
Program Studi Bahasa Inggris S1 Fakultas Bahasa Universitas Widyatama
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/11224 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berjudul Campur Kode pada Caption di Instagram: Kajian Sosiolinguistik. Penelitian ini membahas penggunaan campur kode pada caption dalam sosial media Instagram oleh pengguna yang merupakan mahasiswa dari Universitas Widyatama Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) mengklasifikasikan caption di Instagram ke dalam jenis campur kode dan mengklasifikasikan penyebab penggunaan campur kode. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif disertai dengan melakukan wawancara kepada pengguna yang bersangkutan sebagai instrumen untuk mengetahui alasan penggunaan campur kode. Penelitian ini dilakukan dengan menjadikan teori Muysken (2000) sebagai acuan dari jenis campur kode dan teori Hoffman (1991) untuk faktor penyebab penggunaan campur kode. Dari 40 data yang berupa caption pada postingan media sosial Instagram yang dianalisis, ditemukan 19 (47.5%) data jenis insertion, 11 (27.5%) data jenis alternation dan 10 (25%) data jenis congruent lexicalization, kemudian dari hasil wawancara dengan para pengguna akun melalui aplikasi Line, Whatsapp, dan fitur direct message di Instagram ditemukan 5 (lima) faktor yang menjadi penyebab terjadinya campur kode, yaitu; a) berbicara tentang topik tertentu (12,5%), b) mengutip orang lain (7,5%), c) menjadi tegas tentang sesuatu (mengungkapkan solidaritas)(5%), d) kebutuhan leksikal nyata (70%), e) lain-lain (5%).