PENGARUH PERENCANAAN PAJAK, TUNNELING INCENTIVE DAN MEKANISME BONUS TERHADAP KEPUTUSAN PERUSAHAAN MELAKUKAN PRAKTIK TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2018

Main Author: Fadhilah, Laiqa Siti
Format: Thesis application/pdf
Terbitan: Program Studi Magister Akuntansi, Universitas Widyatama , 2020
Subjects:
tax
Online Access: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/11033
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pajak, mekanisme bonus dan tunneling incentive pada indikasi melakukan transfer pricing. Data sekunder dipergunakan dalam penelitian ini yang diperoleh dari mengakses web www.idx.co.id. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 110 pengamatan. Regresi logistik merupakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa pajak dan mekanisme bonus tidak berpengaruh positif pada indikasi melakukan transfer pricing. Sedangkan tunneling incentive berpengaruh pada indikasi melakukan transfer pricing. Koefisien determinasi sebesar 0,230 yang berarti 23% indikasi perusahaan melakukan transfer pricing dipengaruhi oleh variabel tersebut, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Hasil ini menunjukkan masih banyak variabel di luar penelitian yang dapat menjelaskan transfer pricing.