PENGARUH KUALITAS PELAYANAN FISKUS DAN SANKSI PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Kuningan)

Main Author: Holiyanah
Format: Thesis application/pdf
Terbitan: Universitas Widyatama , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/123456789/10728
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kualitas pelayanan fiskus terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kuningan, untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh sanksi pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kuningan, dan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kualitas pelayanan fiskus dan sanksi pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kuningan. Penelitian ini dilakukan di KPP Pratama Kuningan dengan sampel sebanyak 400 sampel. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling (Sampel Acak Sederhana) dengan tehnik pengumpulan data yaitu penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan, serta menggunakan data primer (kuesioner). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 21.0. Hasil penelitian ini menujukan bahwa secara parsial kualitas pelayanan fiskus dan sanksi pajak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kuningan karena setiap variabel independen memiliki hasil t hitung lebih besar dari t tabel, yang artinya H0 ditolak. Secara simultan kualitas pelayanan fiskus dan sanksi pajak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kuningan. Hasil uji F menunjukan F hitung lebih besar dari F tabel sehingga Ha diterima. Kontribusi pengaruh yang diberikan sebesar 16,7% sedangkan sebanyak 83,3% lainnya merupakan kontribusi dari variabel lain yang idak diteliti.