Peranan Audit Internal Dalam Meningkatkan Efektivitas Pengendalian Intern Penjualan Pada PT. Kereta Api (Persero) di Bandung

Main Author: Syukur, Margreta
Format: Thesis
Terbitan: Universitas Widyatama , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/992
Daftar Isi:
  • Aktivitas penjualan memegang peranan penting karena dari aktivitas inilah akan terbentuk pendapatan, oleh karena itu aktivitas penjualan perlu dikendalikan. Pengendalian penjualan memerlukan laporan yang menganalisis aktivitas penjualan yang mengungkapkan perkembangan yang tidak diinginkan untuk memungkinkan diadakan tindakan koreksi, maka diperlukan suatu bagian yang bersifat independent untuk melaksanakan audit internal di dalam perusahaan. Dalam kedudukan yang tidak terlibat langsung dalam aktivitas operasional, audit internal dapat menilai semua aktivitas perusahaan, juga memberikan bantuan dalam memberikan informasi yang benar dan objektif menyangkut keakuratan data penjualan yang akan dijadikan dasar pengambilan keputusan. Untuk penulisan skripsi ini, penulis mengidentifikasikan masalah-masalah yang akan menjadi pokok bahasan dalam skripsi ini, yaitu: (a) Apakah audit internal telah dilaksanakan secara memadai (b) Apakah pengendalian intern atas penjualan telah dilaksanakan secara efektif (c) Apakah peranan audit internal dalam meningkatkan efektivitas penjualan.Dalam skripsi ini penulis memilih PT. Kereta Api di Bandung sebagai objek penelitian. Penelitian yang penulis lakukan adalah mengenai peranan audit internal dalam meningkatkan efektivitas penjualan. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah: (a) Mengetahui dan menilai memadai tidaknya pelaksanaan audit internal penjualan yang dijalankan perusahaan; (b) Mengetahui dan menilai pengendalian intern atas penjualan telah dilaksanakan secara efektif (c) Mengetahui peranan audit internal dalam meningkatkan efektivitas penjualan perusahaan. Penulis mengambil hipotesis bahwa â Audit Internal yang memadai dapat meningkatkan efektivitas Penjualan.â Setelah melakukan penelitian, penulis memperoleh data dan informasi mengenai gambaran umum perusahaan, kegiatan audit internal, pengendalian intern dalam meningkatkan efektivitas penjualan, kemudian penulis melakukan pengujian hipotesis dengan melakukan analisis spearman, deskriptif analisis dan analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, penulis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Audit internal yang diterapkan oleh PT. Kereta Api cukup berperan, (2) Pengendalian intern penjualan sangat berperan yang terlihat dengan dipenuhinya unsur-unsur pengendalian intern, (3) Audit internal yang memadai berperan dalam meningkatkan efektivitas penjualan. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa Audit internal atas penjualan dapat meningkatkan efektivitas penjualan.