Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT.Armada Safari Suci Bandung

Main Author: Wiguna, Irfan Setya
Format: Thesis
Terbitan: Universitas Widyatama , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/946
Daftar Isi:
  • Irfan Setya Wiguna, 02.03.453 â Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT.Armada Safari Suci Bandungâ Skripsi 2007 Fakultas Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama. Dibimbing oleh Mariana Rachamawati S.E., M.M. Dalam era globalisasi saat ini pembahasan faktor manusia dalam ruang lingkup pekerjaan merupakan faktor yang sangat penting. Persaingan yang sangat ketat di berbagai bidang pekerjaan membuat manusia yang terlibat di dalamnya ingin memberikan yang terbaik bagi orang lain, terutama jika industri atau bidang kerja tersebut menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan masalah pelayanan. Perusahaan jasa menghadapi tiga tugas yaitu meningkatkan perbedaan kompetitif, kualitas jasa dan produktifitasnya. Dengan demikian, kualitas jasa yang diberikan ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang menggunakannya. Faktor dari kualitas pelayanan tersebut meliputi :Tangibles, Realibility, Responsiveness, Assurance, Empathy.Melalui penanganan kualitas pelayanan jasa yang berorientasi pada kebutuhan dan keingan pelanggan diharapkan akan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan yang akan datang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tanggapan pelanggan terhadap kinerja kualitas pelayanan yang dilakukan oleh PT. Armada Safari Suci Bandung, bagaimana tingkat loyalitas pelanggan pada PT. Armada Safari Suci Bandung, seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Armada Safari Suci Bandung. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari objek yang diteliti, yaitu dengan menyebarkan kuesioner, wawancara dan observasi serta menggunakan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan atau sumber-sumber lain yang berhubungan dengan topik yang dibahas. Berdasarkan perhitungan statistik terhadap variabel X yaitu kualitas pelayanan jasa dan variabel Y yaitu loyalitas pelanggan diperoleh angka koefisien korelasi Rank Spearman sebesar 0.666 yang menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan searah antara kualitas pelayanan jasa dengan loyalitas pelanggan. Sedangkan besarnya pengaruh kualitas pelayanan jasa dengan loyalitas pelanggan PT. Armada Safari Suci sebesar 44,36%. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan distribusi t, diperoleh hasil t hitung > t tabel = 6,186 > 1,679, dengan demikian hipotesis yang diajukan oleh penulis dapat diterima, yaitu â Kualitas Pelayanan Jasa mempunyai pengaruh yang sangat besar Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT.Armada Safari Suci Bandung â Simpulan dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan jasa PT Aramada Safari Suci dengan analisis unsur kualitas pelayanan jasa sudah cukup baik, namun disarankan untuk memberikan perhatian lebih pada beberapa unsur kualitas pelayanan jasa yang masih dianggap kurang.